• banner1
  • banner2

Selamat Datang di Web SMP Negeri 1 Badegan Ponorogo

Kontak Kami


SMP NEGERI 1 BADEGAN

NPSN : 20510763

Jl.Raya Ponorogo - Wonogiri No.2 Telp. (0352) 751228 Kec.Badegan Kab.Ponorogo


info@smpn1badegan.sch.id

TLP : (0352) 751228


          

Prestasi Siswa


JUARA 1 MOCOPAT

JUARA 1 MACAPAT Tkt. KAB. PONOROGO



:: Selengkapnya

Video Terbaru

Photo Terbaru

Menuju Sekolah Adiwiyata 2020




SMPN 1 BADEGAN Memantapkan Diri Menuju Sekolah Adiwiyata 2020



Pada tahun 2020 ini, SMPN 1 BADEGAN telah berkomitmen untuk melaksanakan visi dan misi yang telah disepakati bersama. hal ini senada dengan visi yang telah dibuat yaitu “BERAKHLAQ MULIA, UNGGUL, TRANSPARAN, NYAMAN,  DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN ”


Sedangkan Misi sekolah antara lain,



  1. Meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan keagamaan warga sekolah ;

  2. Mewujudkan pengembangan kurikulum satuan pendidikan yang antisipatif;

  3. Meningkatkan kemampuan belajar mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya;

  4. Menumbuhkan budaya gemar membaca dengan program literasi yang didukung sumber belajar yang lengkap dan berkualitas;

  5. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif : aman, nyaman, tentram, damai, tertib, disiplin, sehat, kekeluargaan dan penuh tanggung jawab;

  6. Mewujudkan proses pembelajaran yang efektif, dan efesien dengan lingkungan belajar yang kondusif;

  7. Mewujudkan sarana prasarana yang relevan dan mutakhir;

  8. Meningkatkan ketuntasan belajar dengan penilaian konfrehensip;

  9. Memacu peningkatan prestasi non akademik dan prestasi akademik;

  10. Meningkatkan pengembangan profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan kualifikasi;

  11. Mewujudkan Transparansi dan Akuntabilitas dalam implementasi MBS;

  12. Meningkatkan kerjasama dengan stakeholder dalam rangka pengembangan sekolah;

  13. Mewujudkan kegiatan pembelajaran dalam upaya pelestarian lingkungan;

  14. Mewujudkan kegiatan pembelajaran dalam upaya mencegah pencemaran lingkungan;

  15. Mewujudkan kegiatan pembelajaran dalam upaya mencegah kerusakan lingkungan.


 


(Kegiatan Labeling Tanaman)


 Keunggulan sekolah berbasis lingkungan hidup sudah mulai diterapkan dengan konsen dan fokus pada budaya cinta lingkungan, dan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar pada beberapa bidang/mata pelajaran.


Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh warga sekolah untuk mewujudkan cinta lingkungan dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dan sumber ilmu pengetahuan yang diintergrasikan kepada beberapa mata pelajaran. Maka lingkungan yang sehat, rindang, indah dan asri menjadi sumber inpirasi dalam kehidupan. Dengan keberadaan lingkungan terserbut sebagai sumber belajar dan ilmu pengetahuan, makala alam sekitar/lingkungan sekitar harus dirawat, dijaga dan dilestarikan.


Dengan hal inilah akan melahirkan sebuah semboyan “ALAM YANG INDAH BERAWAL DARI SEKOLAH”. Dengan semboyan itulah lingkungan SMPN 1 Badegan berkomitmen membudayakan untuk merawat lingkungan, dan warga sekolah menumbuhkan cinta lingkungan. Dan memiliki pola hidup berbasis lingkungan yaitu “DARI, OLEH ,UNTUK DAN KEMBALI KE ALAM”.



(Pembuatan lubang Biopori)


 Dengan kedua pernyataan di atas baik “semboyan” dan “pola hidup berbasis lingkungan”, SMPN 1 BADEGAN semakin mantap menuju gree school. Untuk melaksanakannya ditunjang dengan kegiatan internal dan eksternal warga sekolah.


Kegiatan internal berupa kegiatan aksi adiwiyata antara lain : Manajemen Kesehatan Lingkungan, Pengolahan Bank Sampah, Pembuatan Kompos dari Limbah Organik, Pengelolaan  Gizi dan Jajanan Kantin, Pelayanan UKS, Penjaringan Kesehatan, Energi Alternatif, Monitoring Zat Aditif, Pendidikan Kesehatan Remaja, Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja, Monitoring Bakteri. Semua bagian beaksi di bawah para pembina untuk mewujudkan budaya mencintai lingkungan yang bersih, sehat, dan alami.



Penataan taman berbasis Go Green & Go Beautiful


 


Pembinaan Pemilahan Sampah


Kegiatan internal warga sekolah, diawali dengan fokus pada pembuatan, pemeliharaan, perawatan, pembudidayaan tanaman langka, tanaman obat, tanaman hias, tanaman buah, tanaman langka. Dari kegiatan tersebut akan direncanakan pembuatan: 1) kebun tanaman toga, 2) kebun lumbung hidup sebagai aplikasi ketahanan pangan, 3) hutan sekolah, 4) kebun tanaman langka, 5) area tumbuhan perindang, 6) taman bunga, 7) pembibitan tanaman.


Ketujuh area tanaman tersebut dijadikan pusat sumber belajar berbasis alam sekitar.


Selain fokus pada tanaman/tumbuhan fokus juga pada bidang pengolahan sampah, dengan kegiatan: 1) memilah sampah organik dan anorganik yang diapliksikan dengan bank sampah dan pembuatan kompos. 2) pembuatan kompos dari limbah organik tumbuhan, 3) mengolah sampah yang memenuhi 3 R menjadi barang berharga atau barang seni yang memiliki daya guna yang tinggi.


 


Tamanisasi & Sanitasi berbasis Go Green


 


Tamanisasi & Sanitasi berbasis Go Green


 Kegiatan internal yang tidak kalah penting yaitu mengolah tanaman tobat menjadi tanaman obat keluarga yang mudah didapat, mudah dibuat, murah pembuatan, dan praktis pembuatannya, bisa dibuat kapan saja oleh siapa saja. Tanaman obat yang ada di lingkungan sekolah sudah digunakan oleh warga sebagai sebagai obat herbal yang bersih dan sehat, diantaranya daun katuk, daun jambu batu, cingcau/tawulu, cuing, handeuleum, face, jinten, dan masih banyak lagi.


Dengan kegiatan internal tersebut warga sekolah dibelajarkan untuk mengenal alam lebih dekat dan menyusukuri nikmat yang telah diberikan Allah swt yang tiada terhingga. Dengan hal tersebut warga sekolah dengan sadar akan pentingnya ramah, menjaga, memelihara dan mengolah alam dengan baik. Bahwa dengan lebih mengenal alam dengan menjaga dengan baik berarti kita melaksanakan amanah Allah swt sabagai kholifah di muka bumi.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas